Jumat, 12 Oktober 2012

SEJARAH PENCIPTAAN MANUSIA : ADAM ATAU MANUSIA PURBA ?


SEJARAH PENCIPTAAN MANUSIA : ADAM ATAU MANUSIA PURBA ?

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni berbagai makhluk hidup salah satunya adalah makhluk yang paling sempurna manusia. Manusia merupakan makhluk yang berbeda dari makhluk lainnya di bumi maka disebut makhluk yang paling sempurna. Para ilmuwan sudah memecahkan misteri asal mula terciptanya makhluk hidup di bumi tetapi dalam memecahkan asal usul manusia masih menemui jalan buntu. Ini dikarenakan adanya perbedaan yang mendasar antara fakta ilmiah di lapangan dengan pendapat para penganut agama. Para ilmuwan barat setuju bahwa manusia mengalami suatu evolusi untuk menjawab tantangan dari seleksi alam sesuai dengan Teori Darwin yaitu manusia merupakan evolusi dari kera. Sedangkan para pemuka agama (Islam, Kristen, dan Katholik) berpendapat bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam As yang diciptakan langsung oleh Allah SWT dan turun dari Surga sebagai seorang khalifah di bumi.
Manusia purba yang tertua di dunia ditemukan di Pulau Jawa dengan spesies Meganthropus Palaeojavanicus terletak di lapisan pleistosin bawah dengan tinggi kurang lebih 5,7 meter hidup di jaman batu tua. Kemudian punah dan digantikan oleh Pithecanthropus Erectus yang merupakan missing link untuk melengkapi Teori Darwin. Terakhir hidup Homo Sapiens yang fisiknya sudah mirip dengan manusia sekarang. Nabi Adam As adalah manusia ciptaan Allah SWT yang terbuat dari tanah liat dan turun ke bumi sebagai khalifah. Khalifah adalah pengganti makhluk-makhluk sebelumnya. Mereka diganti karena perilaku mereka yang selalu membuat onar di muka bumi seperti saling membunuh, perang, dan membuat kerusakan di bumi. Hal ini cocok sekali dengan keadaan pada masa itu ketika manusia purba masih saling berselisih untuk mendapatkan daerah kekuasaan. Ketika itu terjadi Allah SWT memusnahkan mereka melalui perantara alam dan menurunkan Nabi Adam As. Jadi apakah manusia-manusia purba tersebut bisa disebut sebagai manusia ? secara fisik memang ada yang mirip sebagai manusia tetapi akal, budi, dan nurani mereka masih seperti hewan pada umumnya.
Jadi, kesimpulannya adalah dari segi periode penciptaan manusia purba lebih dulu ada sebelum Nabi Adam As tapi dari segi penciptaan sebagai seorang manusia yang mempunyai daya rasa, cipta, dan karsa Nabi Adam As adalah manusia pertama di bumi ini.


0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Flame Sword